Berita Terkini


Kunjungan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu terkait Pembangunan Zona Integritas.
Kamis, 03-06-2021

Kunjungan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu terkait Pembangunan Zona Integritas.

Medan, Kamis, 03 Juni 2021 - Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Widiyanto didampingi Pejabat Struktural  menerima kunjungan dari  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu. 

Adapun kunjungan ini adalah dalam rangka studi tiru terkait pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani  (WBBM).

Turut hadir dalam rombongan ini Bapak Kurniaman Telaumbanua selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Bengkulu beserta para jajarannya. Selain itu rombongan Kanwil Kemenkumham Bengkulu juga didampingi oleh Bapak Purwanto selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Sumut beserta jajarannya.

Studi tiru dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pelaksanaan Reformasi Birokrasi dengan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Memperingati Hari Lahir Pancasila 2021
Selasa, 01-06-2021

Memperingati Hari Lahir Pancasila 2021

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan beserta jajaran mengucapkan Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 (1 Juni 1945 – 1 Juni 2021).

“Pancasila itu tidak pernah memihak kepada agama tertentu, tetapi juga tidak bertentangan dengan salah satunya.”

PANCASILA DALAM TINDAKAN, BERSATU UNTUK INDONESIA TANGGUH!

KUNJUNGAN KAKANIMSUS KE RUMAH DINAS WAGUBSU
Rabu, 31-03-2021

KUNJUNGAN KAKANIMSUS KE RUMAH DINAS WAGUBSU

Kakanimsus TPI Medan Tato Juliadin Hidayawan didampingi Kabid Dokjalintalkim, Kabid Inteldakim dan Kasubag Kepegawaian dan Umum melaksanakan silahturahmi ke rumah dinas Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Senin (22/03/2021).

Kunjungan ini dalam rangka menjaga koordinasi agar semakin harmonis dan sinergis terkait penanggulangan pandemi covid-19 dan PMI Non Prosedural.

RAPAT TIM PENGAWASAN ORANG ASING (TIMPORA) KOTA MEDAN SECARA DARING MELALUI APLIKASI ZOOM
Rabu, 31-03-2021

RAPAT TIM PENGAWASAN ORANG ASING (TIMPORA) KOTA MEDAN SECARA DARING MELALUI APLIKASI ZOOM

Medan - Senin, 29 Maret 2021 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kota Medan Tahun 2021 dengan Tema "Peningkatan Sinergitas TIMPORA Dalam Rangka Pengawasan Orang Asing di Masa Pandemi Covid-19". Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Anggota TIMPORA Kota Medan yang terdiri dari berbagai instansi turut hadir dalam rapat tersebut.
Dalam sambutannya, Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan menyatakan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan selalu siap melakukan pengawasan dan pertukaran informasi terkait keberadaan Warga Negara Asing.

Deklarasi Janji Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas Mempertahankan WBK/WBBM Tahun 2021
Rabu, 31-03-2021

Deklarasi Janji Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas Mempertahankan WBK/WBBM Tahun 2021

Rabu (24/02/2021) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan melaksanakan Deklarasi Janji Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas mempertahankan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Aula Lantai 2 Kantor Imigrasi Medan.  Kegiatan ini terdiri atas rangkaian acara yaitu Penandatanganan  Piagam Penandatanganan ZI mempertahankan WBK dan WBBM, Penandatanganan Komitmen Bersama, Penandatanganan Pakta Integritas, Pembacaan Deklarasi  Janji Kinerja oleh Kakanimsus Medan Tato Juliadin Hidayawan.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI Sumatera Utara Sutrisno, Kepala Divisi Keimigrasian Anggiat Napitupulu, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar, Kapolrestabes Kota Medan diwakili oleh Kapolsek Medan Helvetia Pardamean Hutahaean, Serta Tokoh Masyarakat.

Dengan telah dilaksanakannya Deklarasi Janji Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas mempertahankan WBK/WBBM maka dengan ini Imigrasi Medan secara resmi berkomitmen menjadi satker yang bebas dari praktik korupsi dan selalu memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat.

 

SERTIJAB NAHKODA BARU KANIMSUS MEDAN
Rabu, 31-03-2021

SERTIJAB NAHKODA BARU KANIMSUS MEDAN

Medan - Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan secara resmi telah berganti dari Plt. Saroha Manullang kepada Tato Juliadin Hidayawan pada Jumat (19/02). Acara serah terima jabatan tersebut berlangsung khidmat dengan disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Utara Sutrisno. Dalam sambutannya, Sutrisno menyampaikan ucapan selamat bergabung dengan keluarga Kanwil Kemenkumham Sumut kepada Tato Juliadin Hidayawan yang sebelumnya menjabat sebagai Atase Imigrasi KBRI Beijing. Selanjutnya, Sutrisno juga menyampaikan bahwa proses pembangunan zona integritas di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan harus terus berlanjut. Target di tahun 2021 ini adalah Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan mampu meraih predikat WBBM. Program-program yang telah dicanangkan harus terus berjalan, jangan sampai pergantian pimpinan membuat program menjadi berhenti. Turut hadir dalam acara sertijab tersebut Kepala Divisi Administrasi Betni Humiras Purba, Kepala Divisi Keimigrasian Anggiat Napitupulu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Pujo Harinto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Purwanto, dan jajaran Kepala Unit Pelaksana Teknis Medan sekitar. (humas)

Imigrasi RI Hadiri Pertemuan Bahas Pelayanan Keimigrasian Anggota APEC di Cebu
Minggu, 21-03-2021

Imigrasi RI Hadiri Pertemuan Bahas Pelayanan Keimigrasian Anggota APEC di Cebu

Jakarta - Imigrasi RI menghadiri pertemuan Business Mobility Group (BMG) sebagai bagian dari Senior Official Meeting (SOM) 3 APEC di Cebu, Filipina. Pertemuan membahas antara lain pelayanan perjalanan lintas negara pebisnis anggota APEC.

Dalam keterangan pers yang disampaikan Konsul Imigrasi pada KJRI Davao-Filipina, Agus Majid, Selasa (25/8/2015), delegasi RI dipimpin oleh Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian, Sarno Wijaya dan Direktur Kerjasama Luar Negeri, Asep Kurnia, serta Kasubdit Kerjasama Antar Negara, Konsul Imigrasi KJRI Davao City dan Kasi Kerjasama Multilateral, Ditjen Imigrasi.

Pertemuan yang berlangsung sejak 22-24 Agustus 2015, membahas aspek-aspek pelayanan serta pengamanan keimigrasian di perbatasan yang dapat diberikan guna memfasilitasi pebisnis APEC dalam melakukan perjalanan lintas negara di kawasan Ekonomi-ekonomi anggota APEC.

Dalam kesempatan itu, selaku Head of Delegation, Direktur Kerjasama Luar Negeri, Asep Kurnia menyampaikan arti penting forum pertemuan APEC sebagai upaya kerjasama ekonomi regional yang akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional.

Pada faktanya, Indonesia semenjak Augustus 2002 telah bergabung dalam skema APEC Business Travel Card (ABTC) yang merupakan kartu khusus bagi pelaku bisnis dari negara-negara anggota APEC yang berguna memfasilitasi perjalanan lintas negara. Dengan ABTC pebisnis dapat melalui prosedur keimigrasian di perbatasan dengan lebih cepat serta lebih secure.

Dalam country report yang disampaikan DELRI, Direktur SISTIK Sarno Wijaya juga menambahkan pentingnya kerjasama regional dalam upaya peningkatan pelayanan dan pengamanan keimigrasian di perbatasan. "Perbaikan pelayanan serta pengamanan dalam border control management memerlukan sharing information and best practices antara negara-negara di kawasan" ungkap Sarno.

 

Dalam kesempatan terpisah, konsul Imigrasi pada KJRI Davao-Filipina, Agus Majid, menjelaskan bahwa Imigrasi selalu terlibat aktif dalam pembahasan mengenai Business Mobility Group. Pertemuan di Cebu ini merupakan pertemuan ke-3 yang hasilnya nanti akan dibawa ke dalam pertemuan APEC Economic Leaders Meeting yang merupakan pertemuan antar Kepala-kepala Pemerintahan dari seluruh Ekonomi Anggota APEC November mendatang di Manila-Filipina. 
(dra/dra)

hari Lahir Pancasila, Imigrasi Medan mengikuti upacara secara daring.
Sabtu, 20-03-2021

hari Lahir Pancasila, Imigrasi Medan mengikuti upacara secara daring.

Senin (01/06/2020) Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Supartono beserta Kepala Bidang dan Kepala Bagian di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan mengikuti pelaksanaan upacara bendera Hari Lahir Pancasila secara daring. Pelaksanaan kegiatan berupa mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 Tingkat Pusat yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila melalui kanal You Tube resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Sesuai arahan Sekretaris Jenderal Kemenkumham perihal pedoman pelaksanaan upacara di tengah pandemi Covid-19, maka seluruh satker melaksanakan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 dengan mengikuti pelaksanaan upacara dari pusat melalui jaringan internet. Upacara didahului pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, lalu Ketua DPR Puan Maharani yang membacakan teks UUD 1945. Kemudian di lanjutkan dengan amanat Presiden Republik Indonesia. 

 

Dalam amanatnya Presiden Joko Widodo mengajak seluruh penyelenggara negara untuk berpihak kepada masyarakat yang mengalami kesulitan. Kepala Negara juga meminta penyelenggara negara untuk melayani masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA). Selain itu beliau mengingatkan Untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

 

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menuturkan, nilai-nilai Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dalam kebijakan dan keputusan yang diambil oleh pemerintah. Upacara ditutup pembacaan doa oleh Menteri Agama Republik indonesia. 

 

Berakhirnya upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat pusat tersebut, maka berakhir juga kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan. (GQ)

Berkolaborasi Laksanakan Rapat Tim Pora, Direktur Intelijen beri penguatan dalam pelaksanaan tusi.
Sabtu, 20-03-2021

Berkolaborasi Laksanakan Rapat Tim Pora, Direktur Intelijen beri penguatan dalam pelaksanaan tusi.

Selasa (10/03/2020) – Imigrasi Medan melaksanakan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Provinsi dan Tingkat Kabupaten/Kota. Bertempat di T. Garden, Deli Serdang, Rapat Tim Pora yang dibuka oleh Kakanwil kemenkumham Sumut Bapak Sutrisman  ini merupakan rapat kolaborasi Imigrasi Medan dengan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut, Imigrasi Polonia dan Imigrasi Belawan.

 

Dalam rapat kolaborasi ini, Direktur Intelijen Keimigrasian Fery Monang Sihite hadir dan memberikan penguatan kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya. Dalam paparannya menyampaikan bahwa berdasarkan UU. No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, Pasal 1 ayat 1 bahwa Keimigrasian adalah hal ikhwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar Wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan Negara. Beliau menyampaikannya, pengawasan keimigrasian dilakukan terhadap orang Indonesia dan orang Asing.

 

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Sumatera Utara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Utara, Kepala Polrestabes Medan, Perwakilan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Pemerintah Kota Medan, Perwakilan Pemerintah Kota Binjai, Perwakilan Kejaksaan Tinggi Kota Medan, pejabat struktural dan pegawai Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut serta para Kepala Kantor Imigrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut.

Imigrasi Medan hadiri Rapat Kesiapsiagaan Corona bersama Wagubsu
Sabtu, 20-03-2021

Imigrasi Medan hadiri Rapat Kesiapsiagaan Corona bersama Wagubsu

Selasa (03/03) - Imigrasi Medan hadiri Rapat Koordinasi dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi Virus Corona. Setelah diumumkan oleh Presiden RI pada 02 Maret kemarin bahwa ada 2 orang WNI yang positif terkena virus Corona di Depok. Wagubsu menyampaikan bahwa Sumatera Utara Harus melakukan tindakan siap siaga untuk menghadapi wabah virus ini.  Bertempat di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kegiatan Rapat Koordinasi dilaksanakan dengan mendengar pendapat dari para tamu undangan tentang hal-hal yang harus dipersiapkan sebagai langkah kesiapsiagaan menghadapi penyebaran corona (COVID-19) di Sumatera Utara. Rapat dipimpin oleh Wagubsu, Kepala Dinas Kesehatan Provsu serta Sekda Provsu.

 

Turut menjadi peserta Rapat yaitu: Kantor Kesehatan Pelabuhan Kuala Namu; Kepala Otoritas Bandara Kualanamu; Kepala Rumah Sakit Adam Malik; Kepala Rumah Sakit USU; Badan Perlindungan Konsumen Nasional; Badan Intelijen Daerah; Imigrasi Medan dan Kepolisian

 

"Perlu dibuat tim kewaspadaan atau pengaduan dan segera bentuk setelah rapat selesai" perintah Wagub ke Kepala Dinas Kesehatan Provsu. Wagub juga memerintahkan agar mencari cara supaya kendala keterbatasan APD di RS USU bisa dibantu serta meminta agar semua berdoa agar wabah virus Corona jangan masuk ke Sumut. Wagub meminta Kadis kesehatan agar mencarikan ruang isolasi dan ruang wilayah isolasiagar dilakukan pengecekan penimbunan barang. Beliau menutup rapat dengan meminta agar jangan menyebabkan masyarakat menjadi panik dengan pemberitaan yang belum pasti kebenarannya. (GQ)

banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner

Paspor Biasa 48 Halaman : Rp. 300.000,-

Paspor Biasa 24 Halaman : Rp. 100.000,-

Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang hilang yang masih berlaku: Rp. 200.000,-

Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang rusak yang masih berlaku disebabkan karena kelalaian : Rp. 100.000,-

Paspor Biasa 48 Halaman Pengganti yang hilang yang masih berlaku: Rp. 600.000,-

Paspor Biasa 48 Halaman Pengganti yang rusak yang masih berlaku disebabkan karena kelalaian : Rp. 300.000,-

Paspor Biasa 48 Halaman Pengganti yang hilang / rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam : Rp. 300.000,-

Paspor Biasa 24 Halaman Pengganti yang hilang / rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam : Rp. 100.000,-

Jasa Pengguna Tekhnologi Sistem Penerbitan Paspor Berbasis Biometrik Rp. 55.000,-