Artikel Keimigrasian


1.000 Bingkisan Diserahkan untuk Pasien Wisma Atlet dalam Giat “Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham”
Jumat, 22-10-2021

1.000 Bingkisan Diserahkan untuk Pasien Wisma Atlet dalam Giat “Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham”

JAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI menyelenggarakan bakti sosial dengan tema “Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham” dalam rangka perayaan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 pada Kamis (21/10/21). Acara bakti sosial ini bertempat di Selasar Gedung Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Jakarta Selatan. Acara dihadiri secara langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, jajaran pimpinan tinggi Kemenkumham serta direksi Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Di samping itu, sebagian undangan lainnya hadir secara virtual melalui Aplikasi Zoom, antara lain jajaran Pimpinan Tinggi Madya, Staf Ahli Menteri, Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Kantor di setiap provinsi serta Kepala RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran. Membuka kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis. Wakil Menteri Hukum dan HAM didampingi Sekjen serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Lucky Agung Binarto menyerahkan bantuan berupa APD kepada Ketua Perhimpunan Tenaga Kesehatan (Pernakes). Tak hanya itu, bantuan berupa beasiswa juga diberikan kepada keluarga ASN Kemenkumham yang terdampak Covid-19. Pada kesempatan yang sama, pemberian bantuan secara simbolis diikuti oleh 5 Unit Utama dan 19 Kantor Wilayah Kemenkumham. Dalam sambutannya, Wamenkumham menyampaikan bahwa pelaksanaan acara bakti sosial ini merupakan pengejawantahan dari nilai-nilai yang tertanam dalam diri seluruh Insan Pengayoman. “Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika yang ke-76, akan dilaksanakan bakti sosial yang dapat mencerminkan nilai Dharma Karya Dhika di dalam diri setiap insan kementerian Hukum dan HAM, 6 serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.”, ungkap Wamen Edward.
Pada kesempatan tersebut, Kemenkumham yang diwakili oleh Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Ditjen Pemasyarakatan, Muji Raharjo menyerahkan 1.000 paket kelengkapan adaptasi kebiasaan baru. Prosesi penyerahan ini disaksikan pula secara langsung dari Selasar Gedung AHU Kemenkumham.
“Sebagai kepedulian dan partisipasi dari Kementerian Hukum dan HAM, pada kesempatan ini juga dilaksanakan kegiatan pembagian atau pemberian “new normal kit” berupa masker, hand sanitizer hingga peralatan makan pribadi (sendok, garpu dan sedotan), yang nantinya akan diberikan kepada saudara-saudara kita pada saat selesai menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid 19 Wisma Atlet. Tentunya diharapkan dapat memberi manfaat bagi saudara-saudara kita dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru setelah kembali ke rumah.”, tutur Wamenkumham.Di sisi lain, Koordinator RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Dr. Budiman menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan bakti sosial ini. “Kami mengucapkan terima kasih atas empati dan kepedulian dari jajaran Kementerian Hukum dan HAM kepada relawan yang bekerja di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran. Kepedulian yang Bapak berikan sangat berarti dalam melaksanakan tugas agar mereka terhindar dari infeksi Covid-19. Sumbangan berupa alat perlindungan diri, masker, pelindung wajah, kemudian juga alat makan pribadi. Kita bersyukur bahwa jumlah kasus Covid-19 sudah menurun. Namun demikian, kita tidak boleh abai sehingga kami seluruh staf dan relawan tetap waspada.”, pungkasnya. Selain penyerahan new normal kit, bakti sosial kali ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan Donor Darah, serta kegiatan Empati Kumham bagi keluarga pegawai yang wafat karena Covid-19 dan juga sunatan massal yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM.

Hari Dharma Karyadhika, Momentum Kemenkumham Tingkatkan Pelayanan Publik
Senin, 04-10-2021

Hari Dharma Karyadhika, Momentum Kemenkumham Tingkatkan Pelayanan Publik

Jakarta - Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) diperingati pada bulan Oktober setia tahun. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly menegaskan peringatan HDKD 2021 harus menjadi momentum untuk menunjukkan eksistensi Kemenkumham, khususnya di bidang pelayanan publik.
“Tunjukkan eksistensi Kemenkumham di bidang pelayanan publik sehingga dapat meningkatkan citra positif Kemenkumham di masyarakat yang semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif),” tegas Yasonna, Jumat (01/10/2021).
Untuk mewujudkan harapan tersebut, Menkumham Yasonna menekankan lima hal kepada jajaran Kemenkumham pada acara pembukaan HDKD 2021. Pertama, jajaran Kemenkumham senantiasa melakukan pembenahan secara komprehensif untuk menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks.
“Pembenahan tersebut termasuk dalam kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pengawasan melekat, serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi,” lanjut Yasonna untuk hal kedua.
Berikutnya, Menkumham meminta pegawai Kemenkumham membuat keputusan yang tepat dan akurat. Keputusan yang diambil harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, harus menjunjung tinggi norma/etika sebagai Aparatus Sipil Negara, serta mempertimbangkan norma/martabat masyarakat.
Sehubungan dengan pelayanan publik, jajaran Kemenkumham diharuskan melayani masyarakat secara baik dan ramah sesuai ketentuan yang berlaku.
Selain itu, Yasonna mengajak insan pengayoman agar aktif melibatkan diri dalam penanganan Covid-19.
“Turut mengedukasi masyarakat untuk selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan, mendukung program vaksinasi, serta aktif berkoordinasi dengan jajaran TNI, Polri, Satgas COVID-19, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah,” tutur Yasonna.
Tema peringatan HDKD 2021 adalah “Semakin PASTI”. Tema ini menjadi landasan Kemenkumham dalam melaksanakan tugas di tengah-tengah masyarakat, sebagai bentuk pengabdian dan ungkapan syukur, serta menjadi suatu renungan yang dapat menumbuhkan semangat baru dan profesionalisme.
Menurut Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, tema HDKD 2021 “Semakin PASTI” memiliki arti adanya keberlanjutan program.
“Tujuan kita adalah dari waktu ke waktu semakin baik dalam hal profesinal, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif. Kita lihat dan evaluasi sehingga mempertahankan yang baik dan meningkatkannya sehingga semakin baik,” jelas Andap.
Rankaian peringatan HDKD 2021 “Semakin PASTI” dimulai pada Jumat 01 Oktober 2021 dengan pelaksanaan Doa Kumham untuk Negeri yang dirangkaikan dengan Pembukaan HDKD. Rangkaian kegiatan akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan seperti seminar/lokakarya, bakti sosial dan pelayanan publik, sport game dan skill challenge, ziarah dan tabur bunga, hingga puncak peringatan HDKD pada 30 Oktober 2021.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia.
Senin, 23-08-2021

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia.

Selasa (17 Agustus 2021) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia. Upacara ini dilaksanakan oleh Kepala Kantor beserta seluruh jajarannya dari Ruang Aula Kanimsus TPI Medan, serta tidak ketinggalan seluruh pegawai dari kediaman masing-masing.

Pada Dirgahayu Republik Indonesia kali ini, Kepala Kantor, Tato Juliadin Hidayawan, mengenakan Baju Adat dari Nias didampingi oleh Kabid Inteldakim, Kabid Tikim serta seluruh pejabat struktural lainnya. Kakanimsus beserta jajarannya mengikuti rangkaian giat dari Istana Negara secara virtual yang disiarkan melalui laman Sekretariat Negara.

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Imigrasi Medan melalui akun media sosial kami:
???? FB : kanim_medan
???? TW : @imigrasi_medan
???? IG. : @imigrasi_medan
???? YT : Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan
???? : https://medan.imigrasi.go.id/

#imigrasimedanwbbm 
#ditjenimigrasi 
#imigrasiindonesia 
#kemenkumhamri 
#kemenkumhamsumut
#kumhampasti

Infografis Biaya Paspor
Rabu, 04-08-2021

Infografis Biaya Paspor

Halo Sahabat Mido, Selamat datang bulan Agustus.

Berikut adalah informasi terkini mengenai biaya paspor. Eits, tapi kalau tidak ada keperluan mendesak, ditunda dulu ya buat paspornya. Saat ini lebih baik #dirumahaja.

 

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Imigrasi Medan melalui akun media sosial kami:
FB : kanim_medan
TW : @imigrasi_medan
IG. : @imigrasi_medan
YT : Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan
Website: https://medan.imigrasi.go.id/

#imigrasimedanwbbm 
#ditjenimigrasi 
#imigrasiindonesia 
#kemenkumhamri 
#kemenkumhamsumut
#kumhampasti

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H
Selasa, 20-07-2021

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

Kepala Kantor beserta seluruh jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H".
Sekecil apapun pengorbanan yang kita lakukan, semoga menunjukkan taqwa kita kepada Allah SWT Sang Pemilik Kehidupan.

Hasil Survey IPK dan IKM Balitbangham pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan
Selasa, 29-06-2021

Hasil Survey IPK dan IKM Balitbangham pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan

Hasil Survey IPK dan IKM Balitbangham pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan

Halo Sahabat Mido

Berikut hasil survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) terhadap pelayanan keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Periode Juni 2021.

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Imigrasi Medan melalui akun media sosial kami:
Facebook: kanim_medan
Twitter: @imigrasi_medan
Instagram: @imigrasi_medan
Youtube: Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan
Website: https://medan.imigrasi.go.id/

#imigrasimedanwbbm 
#ditjenimigrasi 
#imigrasiindonesia 
#kemenkumhamri 
#kemenkumhamsumut
#kumhampasti

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Jemput Bola Datangi Perumahan Setia Budi Indah Berikan Layanan Paspor Kolektif Eazy Passport
Selasa, 22-06-2021

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Jemput Bola Datangi Perumahan Setia Budi Indah Berikan Layanan Paspor Kolektif Eazy Passport

Sabtu (19/06/2021) Imigrasi Medan kembali laksanakan inovasi layanan keimigrasian paspor secara kolektif Eazy Passport di kompleks perumahan Setia Budi Indah. 

Sebanyak 52 permohonan paspor terlayani pada kegiatan yang dilaksanakan berbarengan dengan penyebaran informasi keimigrasian dan survey kepuasan masyarakat.

Dalam hal ini, Kepala Kantor Imigrasi Tato J. Hidayawan menuturkan bahwa pelayanan yang dilakukan di tempat ini yakni berupa pelayanan paspor baru elektronik dan non elektronik, dan penggantian paspor rusak dan hilang dengan rincian delapan permohonan paspor baru, 43 permohonan penggantian, 39 permohonan elektronik passport, dan 12 permohonan non elektronik. 

Sepanjang kegiatan pelayanan, setiap pemohon dan petugas diperhatikan secara ketat protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke tempat kegiatan, serta ada petugas security perumahan yang melaksanakan pengukuran suhu.

Kedepannya program pelayanan Eazy Passport ini diharapkan dapay menyasar komunitas besar seperti pegawai di perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Selenggarakan Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Berbasis QR Code
Kamis, 17-06-2021

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Selenggarakan Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Berbasis QR Code

Medan - Kamis, 10 Juni 2021 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Berbasis QR Code. Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian membuka kegiatan sosialisasi APOA berbasis QR Code bertempat di Ruang Rapat Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan yang dihadiri oleh perwakilan perusahaan, pemilik atau pengurus penginapan, yayasan, dan lembaga pendidikan dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan sosilisasi penggunaan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Berbasis QR Code bertujuan untuk memudahkan para instansi pemerintah, pemilik/pengurus/penyedia penginapan, dan yayasan dalam rangka melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, serta memahami esensi dari Aplikasi APOA dalam memberikan informasi secara real time mengenai data orang asing beserta tujuan kedatangannya.

Aplikasi APOA berbasis QR Code yang diciptakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi yang kini telah mengalami pembaharuan sistem yang sebelumnya hanya dapat diakses melalui website diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik dan juga menguatkan sinergitas dalam rangka melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan.

KUNJUNGAN KANIM KELAS II TPI TANJUNG BALAI ASAHAN DALAM RANGKA STUDI TIRU PEMBANGUNAN ZI WBK/WBBM
Rabu, 31-03-2021

KUNJUNGAN KANIM KELAS II TPI TANJUNG BALAI ASAHAN DALAM RANGKA STUDI TIRU PEMBANGUNAN ZI WBK/WBBM

Medan – Kamis, 25 Maret 2021 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan menerima kunjungan study tiru dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Asahan. Rombongan tersebut diberikan pemaparan terkait pencapaian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dalam mencapai predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Rombongan diketuai oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Asahan Panogu Hot Sitanggang beserta pejabat struktral dan Tim Pokja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Asahan . Rombongan disambut oleh Kepala Bagian TataUsaha Joni Rumagit, Kabid TIKKIM Moch. Akbar Adinugroho, Kabid Dokjal Widiyanto. Rombongan tersebut diajak Tour Area ke seluruh ruangan pelayanan yang ada untuk mengamati langsung proses pelayanan yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan

KUNJUNGAN KANIM KELAS I TPI SEMARANG, DALAM RANGKA STUDI TIRU PENGEMBANGAN ZI WBK/WBBM
Rabu, 31-03-2021

KUNJUNGAN KANIM KELAS I TPI SEMARANG, DALAM RANGKA STUDI TIRU PENGEMBANGAN ZI WBK/WBBM

Medan – Kamis, 25 Maret 2021 Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan menerima kunjungan study tiru dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang. Rombongan tersebut diberikan pemaparan terkait pencapaian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dalam mencapai predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Rombongan diketuai oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang Doni Alfisyahrin didampingi Kasi Statuskim Purnomo dan Tim Pokja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang. Rombongan disambut oleh Kepala Bagian TataUsaha Joni Rumagit, Kabid TIKKIM Moch. Akbar Adinugroho, Kabid Dokjal Widiyanto. Rombongan tersebut diajak Tour Area ke seluruh ruangan pelayanan yang ada untuk mengamati langsung proses pelayanan yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan. 

banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner
banner

Paspor Biasa 48 Halaman : Rp. 350.000,-

Paspor Elektronik 48 Halaman : Rp. 650.000,-

Biaya Beban paspor Hilang : Rp. 1.000.000,-