Pimpin Upacara, Kakanim Kelas I Khusus Medan Sampaikan Amanat Menteri Hukum dan Ham RI

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Berita Utama

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada hari Senin (1/10/2018) di halaman kantor yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Fery Monang Sihite. Di hadapan seluruh peserta upacara, beliau menyampaikan Pidato Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly.

Dalam pidatonya, beliau mengingatkan bahwa momen bersejarah ini lahir karena adanya semangat bangkit dari rakyat Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1965 untuk menyelamatkan negara setelah terjadinya pemberontakan yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia pada 30 September 1965. Bangkitnya semangat yang dimotori oleh Tentara Nasional Indoensia itulah yang kemudian dapat melindungi keutuhan bangsa dan negara.

“Hari ini tanggal 1 Oktober merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena lima puluh tiga tahun lalu, tepatnya tanggal 30 September 1965, di negara kita terjadi pemberontakan yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia, yang kemudian kita kenal dengan sebutan G30S/PKI. Pada momentum itu pula, satu hari kemudian pada 1 Oktober 1965, rakyat Indonesia bangkit untuk menyelamatkan negara yang dimotori oleh Tentara Nasional Indonesia, sehingga keutuhan bangsa dan negara dapat terlindungi”, ucap Kakanim, Fery Monang Sihite, mengutip pidato Menteri Hukum dan HAM RI.

Di akhir pidatonya, beliau berpesan agar pada upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dapat menjadi momentum pembentukan memori kolektif kita untuk semakin merapatkan barisan dalam mengamankan dan mengamalkan nilai Pancasila, serta memahami arti penting Pengayoman dalam membangun karakter Bangsa Indonesia di masa mendatang. (SDP)


Berita Lainnya