Penandatanganan Pakta Integritas oleh Pegawai dan CASN

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Berita Utama

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Bp. Fery Monang Sihite, memimpin langsung penandatanganan Pakta Integritas yang dilakukan di Aula Kantor pada Jumat (11/5). Penandatanganan ini dilakukan guna membuktikan kesungguhan jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan dalam rangka Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kegiatan penandatanganan Pakta Integritas dihadiri oleh Pejabat Struktural, para pegawai, serta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan. Kegiatan ini diawali dengan pengarahan yang langsung diberikan oleh Kepala Kantor, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh Kepala Bidang, Kepala Seksi, pegawai serta perwakilan dari CASN.

Pakta Integritas tersebut berisi tujuh (7) poin, yaitu sebagai berikut: (1) Berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela; (2) Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku; (3) Bersikap transparan, jujur, obyektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas; (4) Menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas; (5) Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada karyawan yang berada di bawah pengawasan pegawai dan sesama pegawai di lingkungan kerja secara konsisten; (6) Akan menyampaikan informasi penyimpanan integritas di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya; (7) Bila melanggar hal-hal tersebut di atas, pegawai siap menghadapi konsekuensinya.

Adanya penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan wujud komitmen dan tekad bersama untuk menjadikan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan menjadi Kantor dengan Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). (SDP)


Berita Lainnya