Dirjen Imigrasi Teken Kerjasama Pembentukan Unit Kerja Kanim Banggai dengan Pemkab Morowali

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Berita Utama

Palu ( 12/09) – Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Morowali tentang pembentukan Unit Kerja Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas III Banggai yang berkedudukan di Kabupaten Morowali pada Selasa (12/09) di Aula Media Centre Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah. Penandatanganan dilakukan di sela-sela Konferensi Nasional IV Asosiasi Dosen Hukum Acara Perdata yang berlangsung pada 12-14 September 2017.

Dalam arahanannya kepada Insan Imigrasi, Dirjen Imigrasi menekankan pentingnya pengawasan terhadap WNI dan WNA di Wilayah Sulawesi Tengah. Pengawasan terhadap pemohon paspor menjadi hal yang digaris bawahi oleh Dirjen Imigrasi karena maraknya kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

“Kalau ada pemohon paspor yang persyaratannya belum lengkap tolong ditunda dulu penerbitannya. Bagi TKI yang tidak lengkap persyaratannya, Orang asing yang kerja tanpa izin itu tolong diawasi semua. Kita fokus kepada dokumennya.”

Dirjen Imigrasi juga mengarahkan pentingnya koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan permasalahan terkait orang asing. Ditjen Imigrasi tidak bisa bekerja sendiri di lapangan sehingga diperlukan sinergitas dengan para pemegang wewenang.

“Koordinasikan dengan RT/RW, Babinsa (Bintara Pembina Desa), Babinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dan PPNS Kemenaker jika menemukan TKA bekerja secara ilegal. Kita hanya bisa menyentuh sisi keimigrasiannya, yaitu izin tinggalnya. Di luar itu kita serahkan kepada pihak terkait. “

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola berharap dengan adanya Unit Kerja Keimigrasian di Wilayah Morowali ini dapat meningkatkan pelayanan keimigrasian di wilayah tersebut. Gubernur menyambut baik dan mengharapkan adanya peningkatan koordinasi antar instansi terhadap keberadaan orang asing di Sulawesi Tengah. (Humas)

Dirjen Imigrasi Teken Kerjasama Pembentukan Unit Kanim Banggai

 

sumber : imigrasi.go.id


Berita Lainnya