Diseminasi Kebijakan Keimigrasian Bagi Perwakilan Asing di Indonesia

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Berita Utama

Jakarta (8/8) - Bertempat di Hotel Mandarin Oriental Jakarta , Ditjen Imigrasi menghelat "The 4th Host Country Consular Meeting on Immigration and Consular Affairs, Policy on Visa & Stay Permit", yang dihadiri para perwakilan asing di Indonesia, Direktur di Lingkungan Ditjen Imigrasi, Kepala Kantor Wilayah , Kepala Divisi Keimigrasian serta Kepala Kantor Imigrasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dan dibuka oleh Direktur Jenderal Imigrasi dan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri.

Dalam sambutannya Ronny menyampaikan "Koordinasi dan kerjasama merupakan salah satu bagian dari strategi dalam menjaga hubungan baik antar negara dan untuk memperkuat keberadaan setiap negara dalam era globalisasi dewasa ini".

Meningkatnya jumlah kejahatan Keimigrasian beberapa tahun belakangan ini membutuhkan perhatian khusus dan penanganan yang komprehensif melalui kerjasama antar negara, karena hal ini akan berdampak pada stabilitas keamanan nasional Indonesia.

Ronny juga menyebutkan berbagai bentuk kejahatan keimigrasian, di antaranya perdagangan dan penyelundupan manusia, penyelundupan obat-obatan terlarang, terorisme dan kejahatan lintas negara.

Berangkat dari hal itu, Pemerintah Indonesia telah menetapkan Undang-undang No.6 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah No.31 Tahun 2013 yang merupakan bentuk komitmen Direktorat Jenderal Imigrasi dalam merespon permasalahan Keimigrasian. Peraturan ini mengatur tentang sistim informasi keimigrasian, perbatasan, lalu lintas manusia, visa dan izin tinggal serta hukuman terhadap pelanggaran dan tindak pidana keimigrasian.

"Untuk itu kami secara rutin melaksanakan pertemuan semacam ini untuk mempererat hubungan antara Pemerintah Indonesia khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi,dengan Perwakilan Duta Besar yg berada di Indonesia". Ujar Ronny.

sumber : imigrasi.go.id

 


Berita Lainnya