Penangkapan 10 Warga Negara Tiongkok

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Berita Utama

Medan

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan mengamankan 10 warga negara Tiongkok dari kawasan Bahorok, Langkat, Senin (15/7) kemarin.

Tujuh diantaranya ditangkap saat melakukan pekerjaan tambang. Sedangkan tiga lainnya mengaku hanya melihat-lihat saja.

Dari hasil pengembangan penyelidikan, ketujuh tersangka, yakni, ZJ, CW, CD, XY, LS, WZ, dan MT masuk melalui Bandara Soekarno Hatta pada 25 Juli 2016. Sedangkan tiga lainnya juga, yakni HY, YM, dan FY masuk dari Bandar Udara Soekarno Hatta  pada 12 Agustus 2016.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut, Yudi Kurniadi didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Lilik Bambang Lestari, menyebutkan, penangkapan terhadap para pekerja ilegal tersebut berawal dari informasi yang diperoleh petugas dari masyarakat. Petugas langsung melakukan penyelidikan dan menemukan WNA Tiongkok tersebut tengah bekerja di lahan pertambangan.

“Yang tujuh pekerja tersebut tidak dapat menunjukan dokumen keimigrasiaannya saat diminta petugas, sedangkan tiga lainnya menggunakan Bebas Visa Kunjungan (BVK) saat masuk ke Indonesia dan melakukan pekerjaan disini. Dan itu telah menyalahi aturan. Sehingga mereka kita amankan” terang Yudi.

Berdasarkan keterangan mereka, ketujuh pekerja tersebut mengaku paspornya disimpan oleh orang yang mempekerjakan mereka.  “Pengakuan mereka masih kita dalami, begitu juga dengan perusahaan yang mempekerjakan mereka masih kita telusuri” tambah Lilik.

Akibat perbuatannya, tujuh WNA Tiongkok tersebut dijerat dengan pasal 71 junto 132 UU No 06 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, karena tidak memiliki dokumen resmi. Sementara tiga lainnya dijerat pasal 122 UU No 06 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, terkait penyalahgunaan ijin tinggal yang tidak sesuai dengan visa kunjungan.


Berita Lainnya