Inovasi layanan Paspor RI

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Berita Utama

Bertepatan dengan perayaan Hari Kebangkitan Nasinoal tahun 2016, Menkumham pada hari Jumat (20/5) melakukan soft launching mengenai Inovasi Layanan Paspor Republik Indonesia pada saat Teleconference beserta Jajaran Kementerian Hukum dan Ham RI seluruh Indonesia. Inovasi layanan ini merupakan kreasi kreatif dari beberapa Kantor Imigrasi seperti inovasi layanan Early Service dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan  berupa pelayanan paspor yang dimulai pada pukul 06.00 sebagai bentuk respon terhadap kondisi nyata banyaknya pemohon yang sudah mengantri sejak pagi hari yang dilaksanakan pada hari selasa dan jumat.

Kantor Imigrasi Kelas I Karawang memberikan inovasi layanan paspor 3 jam, dimana inovasi ini memberikan kepastian kepada pemohon sejak memperoleh nomor antrian sampai dengan selesai tahapan foto dan wawancara paspor dilakukan maksimal 3 jam, dan pemohon juga dapat mengetahui secara pasti perkiraaan kapan dirinya dapat dilayani melalui aplikasi sistem informasi layanan paspor.

Inovasi lainnya adalah kemudahan pengambilan paspor antara lain layanan antar ke rumah yang digagas oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, layanan pengambilan paspor mandiri (drivethrough) di kantor Imigrasi Kelas I Cirebon dan Kantor Imigrasi Kelas II Madiun serta layanan pengambilan paspor menggunakan barcode di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya.

Dalam sambutannya, Menkumham mengajak seluruh jajaran untuk merealisasikan langkah terobosan bersamaan dengan semangat Harkitnas. Semangat baru dlm meningkatkan kapasitas diri dan organisasi dengan kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan Pelayanan yang BerkePASTIan. Karena PASTI adalah nilai komitmen bersama.

Menkumham juga menginstruksikan agar seluruh jajaran untuk mengukir makna kebangkitan nasional dengan bekerja nyata. Aparatur Kumham harus mampu dan bangkit dari kemalasan dan kelambanan dan kekurangkreatifitasan dalam bekerja. Semua harus kerja keras dan kerja cerdas untuk bangsa dan negara. "Kumham harus bangkit melawan ketergantungan dengan semangat kemandirian agar dapat memberikan kesejahteraan dan memberikan solusi untuk tugas pelayanan" lanjutnya.

sumber : imigrasi.go.id


Berita Lainnya