Imigrasi Medan Tangkap 3 WNA Ilegal

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Berita Utama

MEDANWOL – Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus, menangkap tiga orang Warga Negara Asing (WNA), masing-masing dua berasal dari Bangladesh dan seorang dari Pakistan karena melanggar ketentuan perundang-undangan Nomor 06 tahun 2011, tentang Keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Drs Lilik Bambang Lestari, menyebutkan, penangkapan ketiga WNA, yakni MR (Bangladesh), AI (Bangladesh) dan MA (Pakistan), berawal dari informasi yang diperoleh dari masyarakat. Masyarakat merasa curiga dengan adanya orang asing yang tinggal di daerah mereka, di kawasan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang selama sebulan lebih dan tidak memiliki identitas resmi.

“Penangkapan ini menindaklanjuti kecurigaan masyarakat terkait adanya orang asing yang telah tinggal di sebuah rumah kontrakan di daerah tersebut selama sebulan. Saat diperiksa, ketiga WNA tersebut tidak dapat menunjukan dokumen keimigrasiannya. Lalu, kita memboyong ketiganya ke kantor untuk diproses lebih lanjut,” terang Lilik didampingi Kabid Wasdakim, Herawan Sukoaji, Kamis (4/2).

Dari hasil pemeriksaan sementara, ketiga WNA tersebut juga diketahui masuk ke Indonesia tidak melalui pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksa Imigrasi (TPI) dan berada di Indonesia tanpa dilengkapi dokumen yang sah, seperti Visa.

“Dari keterangan sementara, ketiganya hendak bekerja di sebuah pertanian kopi yang ada di Sumatera Utara,” tambah Lilik seraya menerangkan, petugas hanya berhasil mengamankan IC WN Pakistan dan kartu pekerja milik WN Bangladesh.

Mantan Kakanim Kelas I Polonia itu membawa kasus ketiga WNA tersebut ke ranah hukum karena diduga telah melanggar Pasal 113 jo 119 UU No. 06 tahun 2011 tentang Keimigrasian dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.

“Kasusnya akan kita limpahkan ke pengadilan untuk segera diadili. Kita juga akan terus mendalami adanya keterlibatan oknum-oknum yang membantu ketiganya masuk ke Indonesia secara illegal,” tegas Lilik.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

sumber:imigrasi.go.id


Berita Lainnya