Menkumham RI Ingatkan Pegawai Wujudkan Kemanfaatan Hukum yang BerkePASTIan

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Berita Utama

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoli mengajak seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, termasuk Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, untuk PASTI BERPRESTASI pada tahun 2016. Hal itu disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia  dalam arahannya pada Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2016 yang dilaksanakan seluruh UPT  di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 04 Januari 2016

“Tahun 2016 ini menjadi tonggak kita untuk melakukan aktifasi kemanfaatan atas kinerja yang kita hasilkan, karena sesungguhnya sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat. Jika tahun 2015, kita masih dalam masa transisi dan restrukturisasi, maka tahun 2016 menjadi tahun PASTI BERPRESTASI,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Drs. Lilik Bambang Lestari membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoli, pada upacara Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2016, di aula Kanim Kelas I Khusus Medan.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam amanatnya mengatakan seluruh pegawai  di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM diajak untuk mewujudkan kemanfaatan hukum yang berke-PASTI-an. “Kita bersyukur karena di Tahun 2016, masih diberikan kesehatan guna menjalankan hari-hari pengabdian dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas untuk tugas yang tuntas dan berkualitas guna mensukseskan visi kementerian, yaitu, masyarakat memperoleh kepastian hukum,” jelas Kakanim kelas I Khusus Medan , Drs .Lilik Bambang Lestari membacakan pesan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia  tersebut.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia juga berpesan kepada pegawai di lingkungan Kemenkumham RI untuk menetapkan satu resolusi di setiap awal tahun, baik untuk skala pribadi maupun organisasi. Hal itu penting dilakukan agar mempunyai garis demarkasi yang tegas atas capaian di tahun lalu yang memiliki kelebihan dan kekurangan, sebagai dasar untuk menetapkan tekad untuk melangkah lebih baik dan lebih besar di masa sekarang dan mendatang. “Apa yang ditetapkan merupakan suatu proses perjalanan berikutnya yang akan diwujudkan. Dan semestinya, resolusi menggambarkan adanya proses tahapan peningkatan yang semakin mendekatkan pada pencapaian tujuan. Komitmen yang kuat harus terus digelorakan agar yang telah ditetapkan dapat terwujud tepat waktu dan tepat sasaran dalam semangat, ‘kami PASTI’,”  

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia  meminta pegawai agar tidak memberikan janji saja, melainkan bukti nyata kepada masyarakat untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang lebih maju, mandiri, adil, dan sejahtera agar tidak menyisakan berbagai permasalahan. “Untuk itu diperlukan suatu perbaikan yang melibatkan tiga pilar, yakni substansi hukum mencakup reformasi legislasi, struktur hukum mencakup sumber daya manusia, dan budaya hukum. “Peran strategis Kemenkumham RI menjadi sangat penting dan bermakna karena secara prinsipn Kemenkumham bertanggung jaiwab terhadap pembangunan bidang hukum dan juga pemajuan HAM yang secara spesifik dibagi dalam 3 aspek prioritas, yaitu, pembentukan hukum, pelayanan hukum dan penegakan hukum. Karena itu, kita sepakat menetapkan tema ‘Kemanfaatan Hukum yang berkePASTIan’ sebagai resolusi tahun 2016,”

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia mengatakan  tugas strategis Kementerian Hukum dan HAM tidak hanya berhenti pada pembentukan hukum yang berkualitas, pelayanan hukum yang berkualitas, dan penegakan huykum yang berkualitas, tetapi lebih jauh lagi. Yakni bagaimana kita mampu membangun budaya masyarakat sadar hukum, melalui kegiatan penyuluhan hukum yang inovatif, konsisten, dan berkesinambungan dapat terwujudkan,” .

 


Berita Lainnya