Launching Aplikasi Pemberian Izin Tinggal Terbatas Secara Online

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Berita Utama

Jakarta (30/10) Pemberian Izin Tinggal Terbatas (ITAS) secara Online adalah salah satu program dalam rangka mewujudkan Kementerian Hukum dan HAM yang PASTI! dalam bidang Keimigrasian.

Sistem aplikasi pemberian ITAS secara Online merupakan langkah guna meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian terhadap orang asing yang hendak mendapatkan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) di Indonesia melalui penyederhanaan persyaratan maupun pemangkasan birokrasi. Jika sebelumnya orang asing pada saat mengajukan permohonan ITAS di Kantor Imigrasi dilakukan secara manual, dengan sistem ini dilaksanakan secara elektronik. Dengan aplikasi pemberian ITAS secara Online, orang asing tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi untuk mengisi formulir permohonan, melampirkan persyaratan dan melakukan pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) karena semua langkah tersebut telah dilaksanakan pada saat permohonan Visa Tinggal Terbatas. Orang asing hanya diwajibkan untuk datang ke Kantor Imigrasi satu kali saja untuk melakukan wawancara beserta pengambilan data biometrik berupa poto dan sidik jari. Orang asing akan mencetak sendiri KITAS-nya secara Online (melalui surat elektronik).

Pelaksanaan aplikasi sistem pemberian ITAS secara Online ini memberikan kepastian waktu penyelesaian, proses lebih sederhana dan mudah namun tidak menghilangkan aspek keamanan. (intal-humas/2015)

 

                                                                                                          Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha

                                                                                                       ttd

                                                                                                          Drs Heru Santosa Ananta Yudha, M.H.                                                                                                NIP.19621104 198903 1 011


Berita Lainnya