Imigrasi RI Hadiri Pertemuan Bahas Pelayanan Keimigrasian Anggota APEC di Cebu

Diposting oleh : Super Admin, Kategori: Artikel Keimigrasian

Selasa 25 Aug 2015, 19:32 WIB

Salmah Muslimah - detikNews

496SHARES

 Jakarta - Imigrasi RI menghadiri pertemuan Business Mobility Group (BMG) sebagai bagian dari Senior Official Meeting (SOM) 3 APEC di Cebu, Filipina. Pertemuan membahas antara lain pelayanan perjalanan lintas negara pebisnis anggota APEC.

Dalam keterangan pers yang disampaikan Konsul Imigrasi pada KJRI Davao-Filipina, Agus Majid, Selasa (25/8/2015), delegasi RI dipimpin oleh Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian, Sarno Wijaya dan Direktur Kerjasama Luar Negeri, Asep Kurnia, serta Kasubdit Kerjasama Antar Negara, Konsul Imigrasi KJRI Davao City dan Kasi Kerjasama Multilateral, Ditjen Imigrasi.

Pertemuan yang berlangsung sejak 22-24 Agustus 2015, membahas aspek-aspek pelayanan serta pengamanan keimigrasian di perbatasan yang dapat diberikan guna memfasilitasi pebisnis APEC dalam melakukan perjalanan lintas negara di kawasan Ekonomi-ekonomi anggota APEC.

Dalam kesempatan itu, selaku Head of Delegation, Direktur Kerjasama Luar Negeri, Asep Kurnia menyampaikan arti penting forum pertemuan APEC sebagai upaya kerjasama ekonomi regional yang akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional.

Pada faktanya, Indonesia semenjak Augustus 2002 telah bergabung dalam skema APEC Business Travel Card (ABTC) yang merupakan kartu khusus bagi pelaku bisnis dari negara-negara anggota APEC yang berguna memfasilitasi perjalanan lintas negara. Dengan ABTC pebisnis dapat melalui prosedur keimigrasian di perbatasan dengan lebih cepat serta lebih secure.

Dalam country report yang disampaikan DELRI, Direktur SISTIK Sarno Wijaya juga menambahkan pentingnya kerjasama regional dalam upaya peningkatan pelayanan dan pengamanan keimigrasian di perbatasan. "Perbaikan pelayanan serta pengamanan dalam border control management memerlukan sharing information and best practices antara negara-negara di kawasan" ungkap Sarno.

Dalam kesempatan terpisah, konsul Imigrasi pada KJRI Davao-Filipina, Agus Majid, menjelaskan bahwa Imigrasi selalu terlibat aktif dalam pembahasan mengenai Business Mobility Group. Pertemuan di Cebu ini merupakan pertemuan ke-3 yang hasilnya nanti akan dibawa ke dalam pertemuan APEC Economic Leaders Meeting yang merupakan pertemuan antar Kepala-kepala Pemerintahan dari seluruh Ekonomi Anggota APEC November mendatang di Manila-Filipina. 
(dra/dra)

 

Sumber : imigrasi.go.id


Berita Lainnya